Penerapan model pembelajaran inqury untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ipa pada siswa kelas VI B di UPT SPF SD Negeri pajjaiang kota Makassar

Nursyahrani ananda asamad (2024) Penerapan model pembelajaran inqury untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ipa pada siswa kelas VI B di UPT SPF SD Negeri pajjaiang kota Makassar.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nursyahrani ananda asamad, 2023. Penerapan model pembelajaran inqury untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ipa pada siswa kelas VI B di UPT SPF SD Negeri pajjaiang kota Makassar. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Hikmawat Usman) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran inquiry untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VI B di UPT SPF SD Negeri Pajjaiang Kota Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VI B dan siswa kelas VI B yang berjumlah tiga puluh orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis berfokus pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dilakukan berdasarkan data mengenai keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui observasi dan tes kemampuan berpikir kritis yang telah dilakukan. Siklus I menunjukkan bahwa guru lebih aktif dan siswa cenderung pasif, pada siklus II mengalami peningkatan bahwa keaktifan dan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa mulai meningkat sehingga mencapai kategori sangat kritis. Tujuan kegiatan eksperimen pada sintaks model pembelajaran inquiry agar siswa terlibat secara langsung dan aktif sehinggah guru lebih mudah memberikan umpan balik kepada siswa dan guru lebih mudah memperhatikan keaktifan siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA pada siswa SD. Guru dapat menerapkan model pembelajaran inquiry dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:37
Last Modified: 13 Feb 2024 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35196

Actions (login required)

View Item View Item