Penerapan Strategi pembelajaran Directed Reading Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman siswa kelas IV SDN Inpres Mallengkei Bertingkat 1 Kota Makassar

Afiqa Wahdania (2024) Penerapan Strategi pembelajaran Directed Reading Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman siswa kelas IV SDN Inpres Mallengkei Bertingkat 1 Kota Makassar.

[img] Text
Artikel-Afiqa Wahdania.pdf

Download (1MB)

Abstract

Afiqa Wahdania, 2023. Penerapan Strategi pembelajaran Directed Reading Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman siswa kelas IV SDN Inpres Mallengkei Bertingkat 1 Kota Makassar. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Latri dan Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan strategi pembelajaran directed reading activity untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN Inpres Mallengkeri Bertingkat I Kota Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan yang dibaca. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran directed reading activity dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusterdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obervasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan strategi pembelajaran directed reading activity dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I, hasil kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus 1 berada pada kategori cukup. Kemudian pada siklus II kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan sehingga dapat dikategorikan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran directed reading activity dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:26
Last Modified: 13 Feb 2024 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35194

Actions (login required)

View Item View Item