Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Inpres Sarudu V Kabupaten Pasangkayu.

Elen Selastriani Nifu (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Inpres Sarudu V Kabupaten Pasangkayu.

[img] Text
Artikel Elen Selastriani Nifu.pdf

Download (598kB)

Abstract

Elen Selastriani Nifu, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Inpres Sarudu V Kabupaten Pasangkayu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd. dan Siti Raihan, S.Pd., M.Pd). Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan kurangnya kemampuan argumentasi siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan model Problem based learning (PBL), untuk mengetahui gambaran kemampuan argumentasi, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan argumentasi siswa kelas V SD Inpres Sarudu V Kabupaten Pasangkayu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres Sarudu V. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 19 siswa kelas VA dan 19 siswa kelas VB yang di pilih dengan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, dan instrumen penilaian. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model PBL berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independen sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti adanya peningkatan kemampuan argumentasi siswa pada kelas eksperimen sangat efektif daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning (PBL) berlangsung sangat baik; (2) hasil penilaian siswa menunjukkan adanya peningkatan kemampuan argumentasi siswa dalam pembelajaran,; (3) terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan argumentasi siswa kelas V SD Inpres Sarudu V Kabupaten Pasangkayu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:20
Last Modified: 13 Feb 2024 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35193

Actions (login required)

View Item View Item