Masyita (2024) Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.
Text
ARTIKEL_MASYITA.pdf Download (396kB) |
Abstract
Masyita, 2023, Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh (Andi Makkasau dan Latri) Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng. Berdasarkan rumusan masalah: (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan media animasi terhadap mata pelajaran IPA kelas V SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng?; (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng?; (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng?. Sehingga penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan media animasi pada mata pelajaran IPA kelas V SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng; (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng; (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD IT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Desain yaitu untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan (treatment) berupa penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 56 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa dan kelas VC sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa.. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penggunaan media animasi berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diperoleh setelah penggunaan media animasi. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 06:12 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 06:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35192 |
Actions (login required)
View Item |