PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMK-PP NEGERI REA TIMUR KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Azis Nur, Abdul (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMK-PP NEGERI REA TIMUR KABUPATEN POLEWALI MANDAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
jurnal azis.doc

Download (250kB)

Abstract

Abstak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar Biologi siswa SMK-PP Negeri Rea Timur. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design, dengan teknik pengumpulan data melalui tes keterampilan berpikir tingkat tinggi dan tes hasil belajar kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas XII SMK-PP Negeri Rea Timur, yang teridiri atas 6 rombongan belajar dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Berdasarkan hasil undian maka ditetapkan sampel penelitian, yaitu kelas XII B Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol ditetapkan kelas XII Agribisnis Ternak Ruminansia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang dalam proses pembelajarannya diterapkan model PBL memperoleh nilai mean 62,50 berada pada kriteria baik, lebih unggul dari kelas yang menerapkan model konvensional (pembelajaran langsung) dengan nilai mean 44,61 berada pada kriteria cukup. Terjadi peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang dalam proses pembelajarannya diterapkan model PBL dengan nilai perolehan N-Gain rata-rata 0,39 berada pada kriteria sedang, lebih unggul dari kelas yang menerapkan model konvensional dengan nilai perolehan N-Gain rata-rata 0,20 dengan kriteria rendah; (ii) Hasil belajar Biologi siswa yang dalam proses pembelajarannya diterapkan model PBL memperoleh nilai mean 80,21 dengan kriteria baik, lebih unggul dari kelas yang menerapkan model konvensional dengan nilai mean 70,84 berada pada kriteria baik. Terjadi peningkatan hasil belajar Biologi siswa yang dalam proses pembelajarannya diterapkan model PBL dengan nilai perolehan N-Gain rata-rata 0,71 dengan kriteria tinggi, lebih unggul dari kelas yang menerapkan model konvensional dengan nilai perolehan N-Gain rata-rata 0,54 dengan kriteria sedang; (iii) Penerapan model PBL pada pembelajaran Biologi berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XII SMK-PP Negeri Rea Timur. Kata Kunci: PBL Model, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Hasil Belajar Biologi. The objective of the research is to discover the influence of problem based learning model toward higher order thinking skills and biology learning result of the students at SMK-PP Negeri Rea Timur. The research is quasi experiment with quantitative approach. The research employs pretest-posttest control group design. Data is collected through higher order thinking skills test and cognitive learning result test. The population of the research were all of class XII at SMK-PP Negeri Rea Timur, consisted of 6 classes taken by using simple random sampling technique and obtained class XII B Agribusiness Food Crop and Horticulture as the experiment class and class XII Agribusiness Ruminants as the control class. The result of the research indicate that (i) higher order thinking skills of the students who were taught by using PBL model gain mean score 62,50 is in good criteria, better than the class who implemented conventional model with mean score 44,61 which is in fair criteria. There is improvement of higher order thinking skills of the students who were taught by using PBL model with the average N-Gain 0,39 which is in medium criteria, better than the class who implemented conventional model with the average N-Gain 0,20 which is in low criteria, (ii) biology learning result of the students who were taught by using PBL model gain mean score 80,21 in good criteria, better than the class who implemented conventional model with mean score 70,84 which is in good criteria. There is improvement of biology learning result of the students who were taught by using PBL model with the average N-Gain 0,71 in high criteria, better than the class who implemented conventional model with the average N-Gain 0,54 with medium criteria, (iii) the implementation of PBL model in biology learning gives Influence toward the improvement of higher order thinking skills and biology learning result of the students of class XII at SMK-PP Negeri Rea Timur. Keywords: PBL model, Higher order thinking skills, Biology learning result

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Oct 2017 07:34
Last Modified: 31 Oct 2017 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3519

Actions (login required)

View Item View Item