Imultazan (2024) Jenis Layanan Perpustakaan di SMA Negeri 3 Bantaeng.
Text
JURNAL MUL.pdf Download (364kB) |
Abstract
Imultazan, 2023. Jenis Layanan Perpustakaan di SMA Negeri 3 Bantaeng. Di bimbing oleh Dr. Wahira, M.Pd. dan Hasan, S.Pd.i, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Jenis Layanan Perpustakaan di SMA Negeri 3 Bantaeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran jenis layanan perpustakaan yang berfokus pada layanan teknis dan layanan pengguna/pemustaka serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pengelolaan di perpustakaan SMA Negeri 3 Bantaeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif. Sumber data peneliti yaitu kepala perpustakaan, staf perpustakaan, guru, dan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarian data. Berdasarkan hasil penelitaian menunjukkan bahwa layanan perpustakaan di SMA Negeri 3 Bantaeng yang berfokus pada layanan layanan teknis dan layanan pengguna/pemustaka. Layanan teknis yang dilaksanakan di perpustakaan SMA Negeri 3 Bantaeng mencakup pengembangan koleksi, pengelolaan koleksi, dan administrasi. Pada layanan ini telah dilakukan perencanaan, pengelolaan, sampai evalusai yang telah di laksanakan dengan cukup baik Kemudian dalam pengembangan dan pengelolaan koleksi, pihak perpustakaan juga telah memaksimalkan sumber daya yang dimiliki dengan menyediakan koleksi sesuai dengan kebutuhan dan kurikulum yang berlaku di SMA Negeri 3 Bantaeng. Layanan pengguna/pemustaka pada perpustakaan SMA Negeri 3 Bantaeng mencakup layanan sirkulasim, layanan referensi, dan layanan tempat. Pada layanan sirkulasi yang laksanakan pihak perpustakaan terlebih dahulu melakukan perencanaan yang matang serta penentuan aturan yang tepat sehingga dalam layanan ini tidak dirasa memberatkan untuk pihakpengguna perpustakaan, kemudian pada layanan referensi itu sendiri masih banyak yang belum mengetahui fungsi dari layanan ini, dan untul layanan tempat yang di sediakan pihak perpustakaan telah memaksimalkan sedemikian rupa sarana dan prasarana yang dimiliki sehingga pengguna/pemustaka dapat merasa nyaman. Kemudian Faktor pendukung dan penghambat yang di alami oleh pihak pengelola perpustakaan didukung oleh terjalinnya kerja sama yang baik oleh pihak perpustakaan dengan guru, pasokan dana yang memadai. Kemudian untuk faktor penghambatnya itu sendiri yaitu kurangnya suplai buku-buku yang diterima oleh pihak perpustakaan dan masih kurangnya digitalisasi yang di terapkan di perpustakaan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 05:40 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 05:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35188 |
Actions (login required)
View Item |