Analisis Program Kerja Jangka Pendek Madrasah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Makassar

NURSYAFINA (2024) Analisis Program Kerja Jangka Pendek Madrasah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Makassar.

[img] Text
JURNAL_NURSYAFINA_UNM .pdf

Download (267kB)

Abstract

NURSYAFINA, 2023. Analisis Program Kerja Jangka Pendek Madrasah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Makassar. Skripsi ini di bimbing oleh Dr. Muh. Ardiansyah, S.IP. M.Pd dan Dr. Wahira, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang analisis program kerja jangka pendek madrasah dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pelaksanaan, strategi pencapaian, serta monitoring dan evaluasi di MIN1 Kota Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yan digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pelaksanaan program kerja jangka pendek di MIN 1 Kota Makassar telah terstruktur dengan baik dan tertata dalam kalender madrasah. Program-program tersebut meliputi proram pengelolaan kegiatan belajar mengajar, program pengembangan bakat dan minat siswa, serta program penyediaan peralatan multimedia berupa smart tv. Keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan dan alokasi sumber daya dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dan pelaksanaan program yang lebih efektif. Strategi pencapaian yang diterapkan MIN 1 Kota Makassar untuk mencapai tujuan program jangka pendek antara lain meningkatkan kualitas pengajaran, meningkatkan fasilitas dan sumber daya, melibatkan orang tua dalam membahas perkembangan siswa, memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler, dan menjaga kerjasama yang baik antara tim penjaminan mutu dan kepala madrasah. Monitoring secara berkala dan evaluasi input, proses, dan output dilakukan agar dapat membantu menentukan keberhasilan program kerja jangka pendek dan mengevaluasi apakah mereka telah mencapai tujuannya. Sebagai hasil dari strategi ini, reputasi madrasah telah meningkat karena hasil belajar siswa yang lebih baik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 05:31
Last Modified: 13 Feb 2024 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35186

Actions (login required)

View Item View Item