Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 97 Bure Tanete Kabupaten Luwu

Lonisa (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 97 Bure Tanete Kabupaten Luwu.

[img] Text
2. Artikel - Lonisa - 1947442018.pdf

Download (314kB)

Abstract

Lonisa, 2023. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 97 Bure Tanete Kabupaten Luwu. Dibimbing oleh Sayidiman, S.Pd., M.Pd dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni; Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 97 Bure Tanete Kabupaten Luwu?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 97 Bure Tanete Kabupaten Luwu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 12 siswa kelas IV SD Negeri 97 Bure Tanete Kabupaten Luwu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri masing-masing dua pertemuan setiap siklus. Tahap-tahap dalam mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pertemuan I dan II menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 58,34% dengan kategori kurang (K), dengan demikian ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembrlajaran IPS belum tuntas secara klasikal 80%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II pertemuan I dan II menunjukkan adanya peningkatan pada hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dengan kategori baik (B), dan persentase ketuntasan jasil belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 91,67% dengan kategori Baik(B), dengan demikian ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS sudah tuntas secara klasikal 80%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 97 Bure Tanete Kabupaten Luwu dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:21
Last Modified: 13 Feb 2024 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35184

Actions (login required)

View Item View Item