Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Topik Pecahan Berdasarkan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas V SDIT Ulul Albab.

Misrawati Rasid (2024) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Topik Pecahan Berdasarkan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas V SDIT Ulul Albab.

[img] Text
Artikel (Misrawati Rasid_1947440021).pdf

Download (448kB)

Abstract

Misrawati Rasid, 2023. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Topik Pecahan Berdasarkan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas V SDIT Ulul Albab. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Suarlin dan Hotimah). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan belajar siswa kelas V SDIT Ulul Albab pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran metamatika topik pecahan. Permasalahan yang muncul adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih banyak melakukan kesalahan mengenai topik pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan, faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika topik pecahan. Prosedur analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika topik pecahan berdasarkan prosedur Newman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDIT Ulul Albab Kabupaten Jeneponto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan,yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan proses perhitungan, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu, kesalahan memahami masalah, tidak memahami konsep dan operasi pecahan, dan karena lupa serta tidak teliti.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:15
Last Modified: 13 Feb 2024 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35183

Actions (login required)

View Item View Item