Peran Tutor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Program Paket C di PKBM Rumah Pintar Al Inayah Bintarore Kecamatan Ujung Bulu Kabputean Bulukumba. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

RISKA JUHAERATI FATIMAH (2024) Peran Tutor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Program Paket C di PKBM Rumah Pintar Al Inayah Bintarore Kecamatan Ujung Bulu Kabputean Bulukumba. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Riska Juhaerati Fatimah.pdf

Download (608kB)

Abstract

RISKA JUHAERATI FATIMAH, 2023, Peran Tutor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Program Paket C di PKBM Rumah Pintar Al Inayah Bintarore Kecamatan Ujung Bulu Kabputean Bulukumba. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh M Ali Latif dan Muhammad Asri) Peneliti ini menganalisis tentang peran tutor dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada program paket C di PKBM Rumah Pintar Al Inayah Bintarore Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Fokus masalah ini adalah peran tutor tutor dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada program paket C di PKBM Rumah Pintar Al Inayah Bintarore Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran tutor dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik program paket C di PKBM Rumah Pintar Al Inayah. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penellitian ini adalah kepala PKBM dan tutor di PKBM Rumah Pintar Al Inayah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, display data, dan verifikasi data. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor di PKBM Rumah Pintar Al Inayah memiliki beberapa peran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu (1) informator yang memberikan informasi bagi peserta didik, (2) organisator sebagai pengelola perangkat pembelajaran, (3) motivator sebagai pemberi dorongan dan rangsangan, (4) pengarah/direktor mengarahkan dan membimbing peserta didik, (5) inisiator sebagai pencetus ide-ide dalam proses pembelajaran, (6) transmitter sebagai penyebar kebijaksanaan pendidikan dan pengetahuan, (7) fasilitator memberikan kemudahan, sarana dan prasarana, (8) mediator sebagai penengah dalam kegiatan pembelajaran, dan (9) evaluator mengumpulkan data mengenai keberhasilan peserta didik. Adapun Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu faktor internal yaitu kurangnya minat untuk mengikuti pembelajaran, dan kurang motivasi. Serta faktor eksternal yaitu keluarga yang tidak memperhatikan pendidikan peserta didik, faktor ekonomi yang sebagian besar peserta didik berasal dari keluarga yang kurang mampu, dan faktor dari lingkungan sekitar yaitu pengaruh dari teman bergaul.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:27
Last Modified: 13 Feb 2024 02:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35179

Actions (login required)

View Item View Item