Pengembangan Media Poster Pendidikan Karakter di Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Dusun Salu Pattung Kabupaten Mamuju.

Irmayanti (2024) Pengembangan Media Poster Pendidikan Karakter di Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Dusun Salu Pattung Kabupaten Mamuju.

[img] Text
2503-Article Text-10430-1-10-20240109.pdf

Download (181kB)

Abstract

Irmayanti, 2023. Pengembangan Media Poster Pendidikan Karakter di Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Dusun Salu Pattung Kabupaten Mamuju. Skripsi. Dibimbing oleh Ibu Dr. Farida Febriati, S.S., M.Pd dan Bapak Andromeda Valentino Sinaga, S.Pd., M.Pd; Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Media pembelajaran sangat erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan oleh pendidik atau guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar mudah dipahami oleh siswa. Dengan adanya media, proses pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media poster pendidikan karakter di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Dusun Salu Pattung Kabupaten Mamuju. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui tingkat kebutuhan media poster pendidikan karakter, untuk mengetahui desain media poster pendidikan karakter dan untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan media poster pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Dusun Salu Pattung Kabupaten Mamuju. Sumber data pada penelitian ini yaitu 2 orang validator yang terdiri dari validator materi dan validator media, 7 orang siswa dan 2 orang guru. Pengumpulan data melalui validasi ahli materi, validasi media, uji coba terbatas, uji coba lapangan dan respons guru. Hasil dari observasi menyatakan bahwa media poster sangat diperlukan dalam proses pendidikan karakter. Sedangkan pada validasi oleh ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik, validasi media berada pada kualifikasi sangat baik, pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan mendapatkan kualifikasi sangat baik serta tanggapan guru juga berada pada kualifikasi sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tingkat kebutuhan produk media poster sangat dibutuhkan dan telah valid serta praktis digunakan pada pendidikan karakter anak usia dini

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:11
Last Modified: 13 Feb 2024 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35177

Actions (login required)

View Item View Item