Pengembangan Modul Digital Mata kuliah Evaluasi Kurikulum Pada Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Aditya Ahyadin (2024) Pengembangan Modul Digital Mata kuliah Evaluasi Kurikulum Pada Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Aditya Ahyadin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aditya Ahyadin. 2023. Pengembangan Modul Digital Mata kuliah Evaluasi Kurikulum Pada Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si. dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengembangan modul digital mata kuliah Evaluasi Kurikulum pada jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang ditemukan dilapangan (1) Bagaimana Tingkat Kebutuhan Modul Digital Mata kuliah Evaluasi Kurikulum pada jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?,(2) Bagaimana desain Modul Digital mata kuliah Evaluasi Kurikulum pada jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?, (3) bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan Modul Digital mata kuliah Evaluasi Kurikulum pada jurusanTeknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?,tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan, mendesain dan mengukur tingkat validitas Modul digital mata kuliah Evaluasi Kurikulum pada jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.Model yang digunakan dalam pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dalam mawarni dan Muhtadi (2017), dengan 3 tahapan pengembangan :(1) tahap perencanaan, (2) tahap desain. (3)tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang dari validator materi dan validator media, mahasiswa teknologi pendidikan yang berjumlah 20 orang, dan 1 orang dosen pengampu. Hasil dari validasi materi berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil dari validasi media berada pada baik. Uji coba kepraktisan dilakukan terhadap dua sasaran pengguna, yaitu respon mahasiswa dan dosen mata kuliah pengampu berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa produk modul digital mata kuliah evaluasi kurikulum valid dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:06
Last Modified: 13 Feb 2024 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35176

Actions (login required)

View Item View Item