Penerapan Model Pembelajaran problem based learning (PBL) Untuk Meningkatkan kemampun berpikir kreatif peserta didik kelas IV UPTD SPF SD 219 Madekkang kabupaten soppeng

Icha Andini (2024) Penerapan Model Pembelajaran problem based learning (PBL) Untuk Meningkatkan kemampun berpikir kreatif peserta didik kelas IV UPTD SPF SD 219 Madekkang kabupaten soppeng.

[img] Text
JURNAL_ICHA ANDINI.pdf

Download (589kB)

Abstract

Icha Andini, 2023. Penerapan Model Pembelajaran problem based learning (PBL) Untuk Meningkatkan kemampun berpikir kreatif peserta didik kelas IV UPTD SPF SD 219 Madekkang kabupaten soppeng. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad dan Nurhaedah). Penelitian ini adalah penelitian yang menelaah mengenai bagaimana penerapan dari model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik kelas IV UPTD SPF SD 219 Madekkang Kabupaten Soppeng. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah kulitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Peserta Didik Kelas IV UPTD SD 219 Madekkang Kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV UPTD SPF SD 219 Madekkang sebanyak 23 peserta didik yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Fokus penelitian ini adalah penerapan tahap model pembelajaran problem based learning (pbl) pada proses pembelajaraan dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran IPS di kelas IV UPTD SPF SD 219 Madekkang bagi guru dapat memperbaiki pelaksanaan proses pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil observasi bahwa adanya peningkatan disetiap pertemuannya dengan hasil akhir yang termasuk dalam kategori baik (B) selain itu dari aspek peserta didik juga mengalami peningkatan disetiap pertemuannya dengan hasil akhir yang termasuk dalam kategori baik (B). hasil dari penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas IV UPTD SPF SD 219 Madekkang menunjukkan bahwa peserta didik berada pada kategori baik (B) hal ini menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:52
Last Modified: 01 Feb 2024 03:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35133

Actions (login required)

View Item View Item