Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournamet (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV A UPT SPF SDN Mamajang II Kota Makassar

Nurul Izza Ma’rifany (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournamet (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV A UPT SPF SDN Mamajang II Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL - Nurul Izza Ma'rifany (1947041013).pdf

Download (494kB)

Abstract

Nurul Izza Ma’rifany, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournamet (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV A UPT SPF SDN Mamajang II Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh: Nurfaizah AP dan Hardianto Rahman). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk 1) mengetetahui gambaran penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), 2) mengetahui gambaran hasil belajar IPAS, 3) mengetahui Pengaruh Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di Kelas IV SPF SDN Mamajang II. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Design dengan bentuk Nonequivalent kontrol group design. Variabel penelitian ini adalah Teams Games Tournament (TGT) dan hasil belajar IPAS. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IVa dan IVb SPF SDN Mamajang II. Sampel yang terpilih berdasarkan teknik sampel Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan hipotesis menggunakan independent sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) diperoleh hasil belajar IPAS di kelas eksperimen berlangsung dengan kategori sangat baik. 2) Hasil belajar IPAS dengan penerapan model Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV semakin meningkat hal ini dibuktikan dari nilai hasil posttest pada kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas control. 3) Dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV A UPT SPF SDN Mamajang II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:34
Last Modified: 01 Feb 2024 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35132

Actions (login required)

View Item View Item