Penerapan Model Pembelajaran Round Robin Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar

Irmawati Saputri (2024) Penerapan Model Pembelajaran Round Robin Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (254kB)

Abstract

Irmawati Saputri, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Round Robin Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Hasil penelitian. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh: Nurfaizah dan Nursiah) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran Round Robin pada siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Round Robin dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa karena untuk memancing siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengungkapkan pendapat mereka dengan menggunakan bahasa mereka sendiri dengan benar. Dampak dari penerapan model pembelajaran Round Robin dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya yaitu siklus I dengan kategori cukup (C) meningkat menjadi kategori baik (B) pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Round Robin dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:28
Last Modified: 01 Feb 2024 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35131

Actions (login required)

View Item View Item