Nursyansih (2024) Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini TK Nur Ichsan.
Text
Artikel Nursyamsih.pdf Download (315kB) |
Abstract
Nursyansih, 2023. Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini TK Nur Ichsan. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rusmayadi, Rika Kurnia R) Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini TK Nur Ichsan sebelum dan setelah diberi perlakuan dan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Nur Ichsan variable bebas dalam penelitian ini adalah Permainan Balok Angka serta variable terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang bilangan. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik di TK Nur Ichsan Kabupaten Takalar yang berjumlah 25 orang anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian ini berjumlah 10 anak dengan pembagian 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan 5 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis non parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,034<0,05 H1 diterima dan H0 ditolak artinya kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan Permainan Balok Angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35130 |
Actions (login required)
View Item |