Penggunaan Origami untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar pada Anak Tunarungu Kelas IV SLB Negeri 2 Makassar.

NURUL RAMDHANI MAPPA (2024) Penggunaan Origami untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar pada Anak Tunarungu Kelas IV SLB Negeri 2 Makassar.

[img] Text
JURNAL NURUL.pdf

Download (1MB)

Abstract

NURUL RAMDHANI MAPPA, 2022. Penggunaan Origami untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar pada Anak Tunarungu Kelas IV SLB Negeri 2 Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd., Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini yaitu tiga siswa tunarungu yang mengalami ketidakmampuan dalam mengenal bentuk bangun datar di kelas IV SLB Negeri 2 Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penggunaan origami dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar pada anak tunarungu kelas IV SLB Negeri 2 Makassar?”. Berdasarkan pada rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan mengenal bangun datar dengan menggunakan origami pada siswa tunarungu kelas IV SLB Negeri 2 Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal bangun datar sebelum dan setelah penggunaan origami kelas IV di SLB Negeri 2 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pengamatan. Objek penelitian ini adalah murid tunarungu kelas IV SLB Negeri 2 Makassar berjumlah tiga orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan mengenal bentuk bangun datar sebelum penggunaan origami berada pada kategori sangat kurang. Kemudian setelah penggunaan origami terjadi peningkatan kemampuan mengenal bentuk bangun datar pada anak tunarungu kelas IV SLB Negeri 2 Makassar yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan mengenal bangun datar melalui penggunaan origami pada anak tunarungu kelas IV SLB Negeri 2 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:10
Last Modified: 01 Feb 2024 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35128

Actions (login required)

View Item View Item