Implementasi Metode Visual Cognitif Behavior Therapy untuk Mengenmbangkan Citra diri murid Autis kelas V di SLB Negeri 2 Jeneponto

TRISKA DEWI AMALIA (2024) Implementasi Metode Visual Cognitif Behavior Therapy untuk Mengenmbangkan Citra diri murid Autis kelas V di SLB Negeri 2 Jeneponto.

[img] Text
JURNAL IMPLEMENTASI VISUAL CBT UNTUK MENGEMBANGKAN CITRA DIRI ANAK AUTIS.pdf

Download (281kB)

Abstract

TRISKA DEWI AMALIA 2023 Implementasi Metode Visual Cognitif Behavior Therapy untuk Mengenmbangkan Citra diri murid Autis kelas V di SLB Negeri 2 Jeneponto. Skripsi dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Dra. Hj. Kasmawati, M.Si. program studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang citra diri murid Autis, khususnya mengekspresikan emosi senang, sedih, dan marah. Metode yang digunakan ialah Metode Visual CBT yang menggunakan media kartu sebagai alat Visual dan pendekatan CBT untuk mengembangkan Citra diri murid. Rumusan masalah penelitian ini ialah “Bagaimakah Implementasi Metode Visual Cognitive Behavioral Theraphy untuk Mengembangkan Citra Diri Anak Autis kelas V di SLB Negeri 2 Jeneponto?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Perkembangan citra diri murid autis pada kondisi awal (A1); 2) Perkembangan citra diri murid autis dalam Implementasi metode visual CBT saat diberi perlakuan pada kondisi (B); 3) Perkembangan citra diri siswa autis dalam kondisi (A2); 4) Perkembangan citra diri siswa autis dalam Implementasi metode visual CBT berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari (A1) ke (B) ke (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan tes perbuatan dan observasi (perkembangan citra diri murid mengekspresikan emosi). Subjek penelitian seorang murid Autis kelas V di SLBN 2 Jeneponto berinisial DAS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (single subjek research) dengan desain penelitian A-B-A. Hasilnya terjadi perubahan perkembangan citra diri murid Autis kelas V di SLB Negeri 2 Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:05
Last Modified: 01 Feb 2024 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35127

Actions (login required)

View Item View Item