SANTI (2024) Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui media papan pasir pada siswa autis kelas IV di SLB Autis Bunda Makassar.
Text
JURNAL Santi.pdf Download (952kB) |
Abstract
SANTI, 2023. Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui media papan pasir pada siswa autis kelas IV di SLB Autis Bunda Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd dan Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M. Pd; Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan hasil belajar siswa autis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis permulaan di SLB Autis Bunda Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah : (1) Bagaimanakah kemampuan menulis permulaan pada siswa autis kelas IV di SLB Autis Bunda Makassar sebelum diberi intervensi, (2) bagaimanakah kemampuan menulis permulaan selama diberi intervensi, (3)bagaimanakah kemampuan menulis permulaan setelah diberi intervensi, (4)bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis permulaan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke selama diberi intervensi dan dari kondisi selama diberi intervensi ke setelah diberi intervensi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: yang pertama kemampuan menulis permulaan pada siswa autis kelas IV di SLB Autis Bunda Makassar sebelum diberi intervensi, kedua kemampuan menulis permulaan selama diberi intervensi, ketiga kemampuan menulis permulaan setelah diberi intervensi, lalu yang keempat peningkatan kemampuan menulis permulaan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke selama diberi intervensi dan dari kondisi selama diberi intervensi ke setelah diberi intervensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa autis berinisial DFF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan disain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1. kemampuan menulis permulaan subjek sebelum diberi intervensi sangat kurang berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), 2. kemampuan menulis permulaan subjek selama diberi intervensi meningkat ke kategori baik sekali dilihat dari analisis dalam kondisi intervensi (B), 3. kemampuan menulis permulaan subjek setelah diberi intervensi meningkat ke kategori baik dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), 4. peningkatan kemampuan menulis permulaan subjek berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberi intervensi kemampuan murid sangat kurang, meningkat ke kategori baik sekaliselama diberi intervensi, dan dari kategori baik sekali pada kondisi selama diberi intervensi menurun ke kategori baik setelah diberikan intervensi, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek lebih baik dibandingkan sebelum diberi intervensi. Dengan demikian kemampuan menulis permulaan murid setelah diberi intervensi tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: kemampuan menulis permulaan, papan pasir, Autis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:01 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35126 |
Actions (login required)
View Item |