NOVERA (2024) Penggunaan Alat Peraga Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Bagi Siswa Autis Kelas IV di SLB YPAC Makassar.
Text
Jurnal_Novera_1845041034.pdf Download (777kB) |
Abstract
NOVERA 2023. . Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd selaku pembimbing 1 dan Dr. Bastiana M. Si selaku pembimbing 2. Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 siswa autis. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 melalui penggunaan alat peraga roda putar bagi siswa autis kelas IV”?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 siswa autis kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single subject research/SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 subjek AR sebelum diberikan perlakuan sangat kurang berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), 2) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 subjek AR selama diberikan perlakuan mengalami peningatan dilihat dari analisis dalam kondisi Intervensi (B), 3) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 subjek AR setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori baik dapat dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), 4) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 subjek AR berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kondisi baseline 1 (A1) kemampuan siswa sangat kurang, menjadi meningkat pada kondisi selama diberikan perlakuan kondisi intervensi (B), dan kemampuan siswa turun dan kembali menjadi meningkat setelah diberikan perlakuan Baseline 2/A2
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 02:53 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 02:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35125 |
Actions (login required)
View Item |