Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Iqro’ pada Siswa Tunagrahita Kelas IV di SLB Negeri Lutang

FIRMANSYAH (2024) Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Iqro’ pada Siswa Tunagrahita Kelas IV di SLB Negeri Lutang.

[img] Text
Jurnal_Firmansyah_1845041040.pdf

Download (980kB)

Abstract

FIRMANSYAH, 2023. Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Iqro’ pada Siswa Tunagrahita Kelas IV di SLB Negeri Lutang. Skripsi. Dibimbing Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd dan Dr. H. Syamsuddin. M. Si. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unversitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan metode iqro’ pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Lutang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita sebelum dan sesudah menggunakan metode iqro’ dan mengetahui peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif agar peneliti menggambarkan fenomena yang terjadi secara nyata, realistik, aktual yang diuraikan secara tersistematik. Kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita dilakukan menggunakan desain one group pretest�postest design. Subjek penelitian ini ialah siswa tunagrahita kelas IV SLB Negeri Lutang dengan jumlah sampel sebanyak 3 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes lisan dan wawancara. Teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita mengalami peningkatan, siswa memperoleh skor 16, 15 dan 15 atau sebesar 76%.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:47
Last Modified: 01 Feb 2024 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35124

Actions (login required)

View Item View Item