PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Kaharuddin, Rafika and Mustari, Mustari and RAHMATULLAH, RAHMATULLAH and Dinar, Muhammad and Said Ahmad, Muh. Ihsan (2021) PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN, 3 (2). pp. 58-70. ISSN 2548-7175

Full text not available from this repository.
Official URL: http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/vie...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan jumlah responden menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di kota Makassar yaitu F hitung = 7,050 > F tabel = 2,31 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < α= 0,05. Berdasarkan uji signifikan secara parsial variabel harga dan variabel lokasi memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di Kota Makassar yaitu variabel harga sebesar 0,288 > 0,05 dan nilai T hitung =1,068 < T tabel = 1,985, variabel lokasi sebesar 0,802 > 0,05 dan nilai T hitung = 0,251 < T = tabel 1,985. Sedangkan variabel kualitas pelayanan dan promosi terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Masagena Coffee di Kota Makassar yaitu variabel kualitas pelayanan sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai T hitung = 3,431 > T tabel = 1,985, dan variabel promosi sebesar 0,046 < 0,05 dan nilai T hitung = 2,027 > T tabel = 1,985. Adapun nilai korelasi (R) variabel harga ,kualitas pelayanan, promosi dan lokasi sebesar 0,478 hal ini menunjukkan adanya hubungan harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,478 atau sebesar 47,8%. Sedangkan nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,229 artinya bahwa pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,229 atau sebesar 22,9 %. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 77,1 %.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 16 Jun 2024 11:14
Last Modified: 16 Jun 2024 11:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35118

Actions (login required)

View Item View Item