Pengaruh Problem Based Learning Melalui Kegiatan Bermain Puzzle Dengan Media Kertas Terhadap Kemampuan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Maruzan Makassar

Rismaeni Rahmadhani (2024) Pengaruh Problem Based Learning Melalui Kegiatan Bermain Puzzle Dengan Media Kertas Terhadap Kemampuan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Maruzan Makassar.

[img] Text
Artikikel Rismaeni (1).pdf

Download (950kB)

Abstract

Rismaeni Rahmadhani, 2023. “Pengaruh Problem Based Learning Melalui Kegiatan Bermain Puzzle Dengan Media Kertas Terhadap Kemampuan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Maruzan Makassar”. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Azizah Amal dan Parwoto) Berdasarkan pengamatan yang terjadi di lapangan terhadap permasalahan yaitu anak masih belum mengenal dan menyebutkan nama bentuk geometri dikarenakan pembelajaran masih menggunakan media kurang menarik dalam mengenal bentuk geometri sehingga anak masih kesulitan membedakan bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning melalui kegiatan bermain puzzle dengan media kertas terhadap kemampuan geometri anak usia 5-6 tahun di tk maruzan makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian yaitu nonequaivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Maruzan Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak dengan 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Hasil analisis data diperoleh Asym (2-tailed) = 0,027 < 0,05 HI diterima dan H0 ditolak, artinya kemampuan geometri anak yang diberi perlakuan metode pembelajaran problem based learning melalui kegiatan bermain puzzle pada kelompok eksperimen mengalami perkembangan signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Ini menunjukkan bahwa Metode problem based learning melalui kegiatan bermain puzzle memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan geometri anak usia 5-6 tahun di TK Maruzan Makassar. Kata Kunci : Puzzle; Kemampuan Geometri

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:03
Last Modified: 31 Jan 2024 08:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35100

Actions (login required)

View Item View Item