Shabrina Hanum Syaharuddin (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melaui Permainan Konstruktif Balok Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Batukara Kota Baubau. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,.
Text
Artikel Shabrina Hanum S (1949041005).pdf Download (781kB) |
Abstract
Shabrina Hanum Syaharuddin, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melaui Permainan Konstruktif Balok Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Batukara Kota Baubau. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Parwoto dan Syamsuardi). Penelitian ini bertujuan untuk menetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Permainan Kontruktif Balok Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 75 orang anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 anak dengan pembagian 14 anak sebagai kelompok eksperimen dan 14 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Setelah pemberian perlakuan, dilakukan uji Wilcoxon untuk data hasil kecerdasan visual spasial anak padakelompok eksperimen yang menunjukkan nilai sebesar -2,201 dan nilai sig.(2- tailed) sebesar 0,028 < 0,05 berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, terdapat perbedaan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning melalui permainann kontruktif balok berpengaruh terhadap kecerdasan visual spasial anak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 07:52 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 07:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35099 |
Actions (login required)
View Item |