Efektivitas Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Media Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di TK Tunas Kasih, Kota Makassar

Novita Ananda (2024) Efektivitas Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Media Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di TK Tunas Kasih, Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Novita Ananda 1949040005.pdf

Download (881kB)

Abstract

Novita Ananda, 2023. Efektivitas Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Media Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di TK Tunas Kasih, Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Partwoto dan Sitti Nurhidayah Ilyas). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts terhadap kreativitas anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik sistematik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol yang masing-masing terdiri dari 8 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskripif dan statistik non parametrik. Setelah pemberian perlakuan, uji Wilcoxon untuk keterampilan kreativitas anak pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,012 ≤ 0,05 dan pada kelompok kontrol menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,63 ≥ 0,05 artinya terdapat perbedaan kreativitas pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan tidak terdapat perbedaan kreativitas pada kelompok kontrol sebelum dan setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts efektif terhadap kreativitas anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:45
Last Modified: 31 Jan 2024 07:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35098

Actions (login required)

View Item View Item