Implememntasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 3 Pinrang,

MUKRIMA (2024) Implememntasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 3 Pinrang,.

[img] Text
Jurnal implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 3 Pinrang.pdf

Download (222kB)

Abstract

MUKRIMA, 2023. Implememntasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 3 Pinrang, Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Wahira, M.Pd. dan Syamsurijal Basri, S.Pd, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 3 Pinrang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 3 Pinrang telah terlaksana dengan baik sesuai dengan tahapan dan ketentuan dari Kemendikbudristek terhadap implementasi kurikulum Merdeka belajar, dari (1) penyusunan alur tujuan pembelajaran, diawali dengan menganalisis capaian pembelajaran (CP), lalu menyesuaikan dengan elemen-elemen pelajaran setiap tingkatan fase, dan disusun secara sederhana dan informatif. (2) merumuskan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, dengan menggunakan pendekatan dengan skala atau interval nilai yang telah ditentukan oleh guru dan memberikan deskripsi tiap interval tersebut. (3) mengembangkan dan menyusun modul ajar, terlebih dahulu guru membuat alur tujuan pembelajaran. Modul ajar dibuat secara sistematis dan beurut dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Modul ajar dibuat menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Serta (4) proses penyusunan dan pembelajaran proyek penguatan profil Pelajar Pancasila, diawali dengan menentukan tema projek, menentukan alokasi waktu projek, kemudian menentukan dan membentuk tim fasilitator tiap tema yang bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada peserta didik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:27
Last Modified: 31 Jan 2024 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35096

Actions (login required)

View Item View Item