Deskriptif Kajian Strategi Pembelajaran Pada Guru Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di MA Muhammadiyah Bantaeng Pasca COVID-19. Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Agus Umar Dani (2024) Deskriptif Kajian Strategi Pembelajaran Pada Guru Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di MA Muhammadiyah Bantaeng Pasca COVID-19. Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Agus Umar Dani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Agus Umar Dani, 2022, Deskriptif Kajian Strategi Pembelajaran Pada Guru Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di MA Muhammadiyah Bantaeng Pasca COVID-19. Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S,S., M.Si.) Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kegagapan guru dan siswa dalam proses pembelajaran pada masa COVID-19. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Bantaeng. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi tersamar dan terus terang, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru biologi kelas XI memiliki tingkat apresiasi yang tinggi kepada peserta didiknya. (2) Guru biologi kelas XI memposisikan diri sebagai sumber belajar, yang ditunjang dengan buku paket. (3) Guru biologi kelas XI mendistribusikan materi menggunakan metode ceramah. (4) Proses pembelajaran dilengkapi dengan praktikum. (5) Faktor pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran adalah hubungan emosional antara guru dan peserta didiknya yang telah terbangun, dan jumlah peserta didik kelas XI adalah 16 orang, sehingga memudahkan guru dalam mengontrol. (6) Faktor penghambat adalah partisipasi rendah peserta didik dalam melibatkan diri dalam proses pembelajaran. Penghambat lainnya adalah alokasi waktu belajar selama 30 menit yang diterapkan oleh pihak sekolah. Dan penghambat yang terakhir adalah ketidakpiawaian guru biologi kelas XI dalam mengoperasikan sarana penunjang pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:21
Last Modified: 31 Jan 2024 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35095

Actions (login required)

View Item View Item