Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Terhadap Peningkatan Self Efficacy Dalam Belajar Siswa SMA Negeri 7 Takalar Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar

Zulfahmi Baharuddin (2024) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Terhadap Peningkatan Self Efficacy Dalam Belajar Siswa SMA Negeri 7 Takalar Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

[img] Text
3. Jurnal.pdf

Download (402kB)

Abstract

Zulfahmi Baharuddin. 2023. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Terhadap Peningkatan Self Efficacy Dalam Belajar Siswa SMA Negeri 7 Takalar Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Farida Aryani, M.Pd dan Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd pada Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran efikasi diri dalam belajar siswa SMA Negeri 7 Takalar 2) Pelaksanaan teknik Role Play di SMA Negeri 7 Takalar 3) Teknik Role Play dapat meningkatkan efikasi diri dalam belajar siswa di SMA Negeri 7 Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain Eksperimen yang digunakan adalah Quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 68 siswa dan sampel penelitian sebesar 22 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 11 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara, instrumen skala efikasi diri dalam belajar dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat efikasi diri dalam belajar siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. Pada saat posttest, tingkat efikasi diri dalam belajar siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori tinggi dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori rendah 2) Pelaksanaan teknik role play dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima tahapan yaitu rational treatment, pemilihan peran, bermain peran, diskusi terbimbing dan evaluasi Pada saat pelaksanaan teknik role play, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada perbedaan yang signifikan tingkat efikasi diri dalam belajar pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik role play. Artinya, penerapan teknik role play dapat meningkatkan efikasi diri dalam belajar siswa secara signifikan SMA Negeri 7 Takalar Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:41
Last Modified: 29 Jan 2024 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35080

Actions (login required)

View Item View Item