Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassar

AMELIA PUTRI UTAMI (2024) Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL AMELIA PUTRI UTAMI 1647042009.pdf

Download (431kB)

Abstract

AMELIA PUTRI UTAMI, 2023. Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Latri Aras dan Lutfi B) Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui gambaran penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPS kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga, (2) mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga , dan (3) mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimen Design dengan bentuk One group pretest - posttest design. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling yaitu teknik sampling purposive dengan sampel kelas V B dengan jumlah 29 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penggunaan media mind mapping berjalan dengan sangat efektif. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil post-test antara kelas eksperimen dan kontrol yang berarti adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses Pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping berlangsung secara efektif, (2) hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan setelah menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran, (3) metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:37
Last Modified: 29 Jan 2024 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35079

Actions (login required)

View Item View Item