Pengaruh Strategi Debat Aktif Terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Pelajaran PPKn Di Kelas V SD Inpres Hartako Indah Kota Makassar

Nur Ismi Hamzah (2024) Pengaruh Strategi Debat Aktif Terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Pelajaran PPKn Di Kelas V SD Inpres Hartako Indah Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Nur Ismi Hamzah.pdf

Download (293kB)

Abstract

Nur Ismi Hamzah, 2023. Pengaruh Strategi Debat Aktif Terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Pelajaran PPKn Di Kelas V SD Inpres Hartako Indah Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurfaizah dan Amrah) Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) untuk mengetahui gambaran strategi debat aktif dalam pelajaran PPKn siswa kelas V SD Inpres Hartako Indah Kota Makassar, (2) untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat pada pelajaran PPKn siswa kelas V SD Inpres Hartako Indah Kota Makassar, (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi debat aktif terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SD Inpres Hartako Indah Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres Hartako Indah Kota Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 27 siswa kelas VA dan 25 siswa kelas VB yang di pilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, tes lisan, dan lembar observasi belajar siswa yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi debat aktif mengalami kendala terkait penyusunan pernyataan yang berisi pendapat tentang isu kontroversial, dan menyampaikan pemberian argument tandingan diperlakuan awal. Pembelajaran pada saat berdebat, pembelajaran PPKn dengan menerapkan strategi debat aktif pada pertemuan pertama pemberian perlakuan treatmen 1 memperoleh 61 skor dari skor maksimal 80 yang menunjukkan persentase 76% dengan kategori baik. Hal ini masih terdapat langkah-langkah pembelajaran yang masih belum terlaksana. Kemampuan mengemukakan pendapat siswa terjadi perbedaan yang signifikan antara pemberian perlakuan treatmen 1 dengan perlakuan treatmen 2 dengan skor 75 dari skor maksimal 80 yang menujukkan persentase 93% kategori sangat baik. Terdapat pengaruh penggunaan strategi debat aktif terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Hal ini dibuktikan pengujian hipotesisnya Ho diterima jika nilai signifikan > 0,05, dapat dilihat hasil uji hipotesisnya nilai t hitung 9,395 > 0,05. Disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan strategi debat aktif terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas v SD Inpres Hartako Indah Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:28
Last Modified: 29 Jan 2024 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35078

Actions (login required)

View Item View Item