Penggunaan Media Audio Visual Untuk Mengembangkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Va SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros.

Andi Nurazizah (2024) Penggunaan Media Audio Visual Untuk Mengembangkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Va SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros.

[img] Text
Artikel-Andi Nurazizah .pdf

Download (1MB)

Abstract

Andi Nurazizah, 2023. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Mengembangkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Va SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Bapak Abdul Rahman dan Ibu Nurhaedah). Permasalahan penelitian ini rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas Va SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros sehingga tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual untuk mengembangkan keterampilan menyimak siswa kelas Va SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Va SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan tes keterampilan menyimak. Teknik analisis data dilakukan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga guru kesulitan memberikan umpan balik, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan adanya kegiatan diskusi kelompok siswa sudah terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran sehingga umpan balik antar guru dan siswa menjadi lebih aktif dan keterampilan menyimak siswa mencapai kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat mengembangkan keterampilan menyimak pada siswa kelas VA di SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:22
Last Modified: 29 Jan 2024 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35077

Actions (login required)

View Item View Item