Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning TerhadapHasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Puncak Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju

Iga Utari (2024) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning TerhadapHasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Puncak Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju.

[img] Text
43815-108226-1-RV.pdf

Download (554kB)

Abstract

Iga Utari 2022, Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning TerhadapHasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Puncak Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan ModelDiscovery Learning terhadap hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Puncak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan Model Discovery Learning pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres Puncak Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju, (2) Untuk mengetahuigambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres Puncak Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Discovery Learning terhadap hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres Puncak Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group desain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Puncak. Penentuan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dananalisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang digunakan uji hipotesis independent sample T-test. Hasil penelitian yang dilaksanakan berdasarkan lembar observasi diperoleh model Discovery Learning secaraumum terlaksana dengan sangat baik, hal ini terlihat persentase setiap pertemuan. Pertemuan pertama dengan kategori baik namun masih terdapat tahapan yang belum terlaksana secara maksimal. Kemudian pada pertemuan kedua proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen. Hal inimenunjukkan adanya peningkatan dengan penggunaan model Discovery Learning. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independentsampel T-test. Berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test diperoleh Equal variances assumed nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 berarti Ho ditolakdan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Puncak Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:11
Last Modified: 29 Jan 2024 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35076

Actions (login required)

View Item View Item