Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung Kota Makassar

Nurmianti (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (493kB)

Abstract

Nurmianti, 2023. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing Oleh Nasaruddin dan Ahmad Syawaluddin). Penelitian ini membahas tentang pengaruh pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA kelas IV; (2) mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) kelas IV; (3) mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA UPT SPF SD Negeri Tidung Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen desain tipe quasi experimental Design dengan menggunakan dua subjek yakni kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes (pretest-posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis dengan menerapkan independent sample t-test yaitu membandingkan posttest siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang diolah dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic Versi 20. Hasil uji independent sample t-test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) kurang dari nol koma nol lima, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak (reject) dan hipotesis alternatif (Ha) diterima (fail to rejecet). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan yang baik terkait penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:01
Last Modified: 29 Jan 2024 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35075

Actions (login required)

View Item View Item