Pengaruh Teknik Skimming Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SPF SDN Mawas Makassar.

PUTRI MAULIDIA ADISTI (2024) Pengaruh Teknik Skimming Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SPF SDN Mawas Makassar.

[img] Text
Jurnal Putri Maulidia Adisti 2.pdf

Download (667kB)

Abstract

PUTRI MAULIDIA ADISTI, 2023. Pengaruh Teknik Skimming Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SPF SDN Mawas Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Hartoto) Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SDN Mawas Makassar didasari oleh per-masalahan rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V. Penelitian bertujuan untuk: (1) Menggambarkan penerapan Teknik Skimming di kelas V, (2) Menilai kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V, dan (3) Meneliti pengaruh Teknik Skimming terhadap kemampuan membaca pema-haman siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih dua kelas sebagai sampel: kelas kontrol (V A) dan kelas eksperimen (V B). Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjuk-kan penerapan Teknik Skimming berdampak positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Penerapan Teknik Skimming dalam dua per-temuan di kelas eksperimen siswa kelas V UPT SPF SDN Mawas Makassar mengalami perkembangan yang positif. Observasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam penerapan Teknik Skimming dari pertemuan pertama yang sudah dinilai baik hingga pertemuan kedua yang dinilai sangat baik. Selain itu, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V eksperimen juga mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol, seperti yang terlihat dari skor rata-rata posttest yang lebih tinggi. Hasil analisis probabilitas menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai t hitung lebih kecil dibandingkan dengan nilai t tabel. Ini mengindikasikan bahwa Teknik Skimming memiliki pengaruh yang kuat terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SPF SDN Mawas Ma-kassar. Kesimpulan ini memperkuat temuan bahwa penerapan Teknik Skim-ming dalam proses pembelajaran memiliki nilai signifikan dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dalam konteks pendidikan di UPT SPF SDN Mawas Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:55
Last Modified: 29 Jan 2024 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35074

Actions (login required)

View Item View Item