Pengaruh penerapan metode Alone Project terhadap kreativitas menggunakan media bahan kertas origami anak usia 4-5 tahun di tk aisyiyah bustanul athfal ujung.

Irka anugrahwati (2024) Pengaruh penerapan metode Alone Project terhadap kreativitas menggunakan media bahan kertas origami anak usia 4-5 tahun di tk aisyiyah bustanul athfal ujung.

[img] Text
ARTIKEL IRKA ANUGRAHWATI.pdf

Download (207kB)

Abstract

Irka anugrahwati, 2023. Pengaruh penerapan metode Alone Project terhadap kreativitas menggunakan media bahan kertas origami anak usia 4-5 tahun di tk aisyiyah bustanul athfal ujung. (dibimbing oleh Parwoto, Herlina) Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode alone proyek menggunakan media kertas origami dalam kegiatan melipat di Taman Kanak-kanak Aiyiyah Bustanul Athfal Ujung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang anak dengan 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 orang anak pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah diceklis dan dan analisis nonparametrik Teknik analisis data yang digunakan adalah diceklis dan dan analisis nonparametrik Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan metode alone proyek terhadap kreativitas menggunakan media kertas origami kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok control. Hasil analisis data yang diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 14,00 sedangkan pada kelompok kontrol 13,00 , maka H ₒ ditolak dan H◻ diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan setelah penerapan metode alone project terhadap kreativitas menggunakan media kertas origami anak usia dini di Taman Kanak-kanak TK Aiyiyah Bustanul Athfal Ujung.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:02
Last Modified: 22 Jan 2024 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35064

Actions (login required)

View Item View Item