“Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Maruzan Kota Makassar”

Maria Kartini Nenga (2024) “Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Maruzan Kota Makassar”.

[img] Text
ARTIKEL 1849042028 MARIA KARTINI NENGA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Maria Kartini Nenga, 2023. “Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Maruzan Kota Makassar”. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Herman dan A. Sri Wahyuni Asti) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan finger painting terhadap keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Maruzan Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian yaitu nonequaivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Maruzan Kota Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak dengan 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametric dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test . Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2- tailed) = 0,026 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya keterampilan motorik halus pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger painting memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Maruzan Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:58
Last Modified: 22 Jan 2024 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35063

Actions (login required)

View Item View Item