Pengaruh Pembelajaran Dengan Kegiatan Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Di Tk Telkom Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar

Arini Fitriana (2024) Pengaruh Pembelajaran Dengan Kegiatan Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Di Tk Telkom Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Arini Fitriana.pdf

Download (150kB)

Abstract

Arini Fitriana, 2023. Pengaruh Pembelajaran Dengan Kegiatan Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Di Tk Telkom Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Muhammad Akil Musi dan A. Sri Wahyuni Asti). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Dengan Kegiatan Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Di Tk Telkom Makassar yang belum mengalami perkembangan yang optimal hal ini terlihat dari beberapa anak yang belum mampu mengkoordinasikan mata dan gerakan tangan saat mewarnai, melipat dan menggunting sehingga keterampilan motoric halus anak dapat dikatakan masih dalam kategori belum mengalami perkembangan yang maksimal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Telkom Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak dengan 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak yang diberi perlakuan kegiatan Finger Painting pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 13,16, sedangkan pada kelompok kontrol 4,5. Hasil pengujian menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,027 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan motoric halus pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan motoric halus anak yang diberi perlakuan kegiatan Finger Painting pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok control. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan kegiatan Finger Painting memberikan dampak yang signifikan terhadap keterampilan motoric halus anak di Tk Telkom Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:54
Last Modified: 22 Jan 2024 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35062

Actions (login required)

View Item View Item