Penerapan Media Permainan Sirkuit Warna Gembira dalam Menstimulasi Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar

Fahmi Rahmasari (2024) Penerapan Media Permainan Sirkuit Warna Gembira dalam Menstimulasi Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Fahmi Rahmasari 1749040016 Penerapan Media Permainan Sirkuit Warna Gembira Dalam Menstimu.pdf

Download (167kB)

Abstract

Fahmi Rahmasari, 2023. Penerapan Media Permainan Sirkuit Warna Gembira dalam Menstimulasi Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Sitti Nurhidayah Ilyas dan Herman). Penelitian ini mengkaji penerapan media permainan sirkuit warna gembira dalam menstimulasi motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerapan media permainan sirkuit warna gembira dalam menstimulasi motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerepan media permainan sirkuit warna gembira dalam menstimulasi motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Permainan sirkut warna gembira yang dilakukan guru di Taman Kanak-Kanak Mentari Bontoa terdiri dari lima pos permainan, yaitu pos pertama jembatan keseimbangan, pos kedua engklek warna-warni, pos ketiga berlari zig-zag, pos keempat geometri warna-warni, dan pos kelima bola panas. 2) Permainan ini dilakukan untuk meningkatkan kecepatan, ketahanan, keseimbangan, dan koordinasi anak. 3) Melalui permainan sirkuit warna gembira, anak pada Taman Kanak-Kanak Mentari sudah mampu melakukan gerak non lokomotor, gerak lokomotor, dan gerak manipulatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:39
Last Modified: 22 Jan 2024 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35060

Actions (login required)

View Item View Item