Pengembangan Modul Digital Mata Pelajaran Geografi Kelas XII MA Pesantren Al Qamar Di Takalar. Skripsi.

Rahmat Al Qadri Basri (2024) Pengembangan Modul Digital Mata Pelajaran Geografi Kelas XII MA Pesantren Al Qamar Di Takalar. Skripsi.

[img] Text
ARTIKEL RAHMAT AL QADRI BASRI .pdf

Download (280kB)

Abstract

Rahmat Al Qadri Basri. 2023. Pengembangan Modul Digital Mata Pelajaran Geografi Kelas XII MA Pesantren Al Qamar Di Takalar. Skripsi. Dibimbing Oleh: Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan modul menjadi salah satu kebutuhan peserta didik yang mampu menghadirkan kemandirian belajar melalui smartphone maka dari itu peneliti mengembangkan modul digital geografi dengan tujuan untuk: 1) menganalisis tingkat kebutuhan modul digital 2) mendesain modul digital 3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan modul digital. Adapun model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, & evaluation). Penelitian ini dilakukan di MA Pesantren Al Qamar Di Takalar, adapun subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas XII IPS, 1 guru mata Pelajaran geografi. Subjek penelitian ini yakni 2 orang validator yaitu validator isi dan media. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli media dan ahli isi/materi, tanggapan guru mata pelajaran, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Hasil tingkat kebutuhan siswa 73% berada pada kualifikasi dibutuhkan, identifikasi kebutuhan guru mata Pelajaran 72 % berada pada kualifikasi dibutuhkan. 2) Hasil validasi ahli isi yaitu 93, 75 % kualifikasi sangat baik serta hasil ahli media yaitu 100 % berada pada kualifikasi sangat baik . 3) Hasil uji coba kepraktisan pada siswa berada pada 92 % kualifikasi sangat praktis dan guru mata pelajaraan geografi 93 % berada pada kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa modul digital sudah valid dan praktis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:20
Last Modified: 22 Jan 2024 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35053

Actions (login required)

View Item View Item