Pengembangan Lift The Flap Book Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Huruf Pada Usia Dini di TK Negeri Jekka Sinjai Selatan Kab.Sinjai.

Irma (2024) Pengembangan Lift The Flap Book Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Huruf Pada Usia Dini di TK Negeri Jekka Sinjai Selatan Kab.Sinjai.

[img] Text
2280-Article Text-9987-1-10-20231225.pdf

Download (211kB)

Abstract

Irma, 2023, Pengembangan Lift The Flap Book Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Huruf Pada Usia Dini di TK Negeri Jekka Sinjai Selatan Kab.Sinjai. (dibimbing oleh Abdul Hakim dan Andromeda Valentino Sinaga) Pemanfaatan media pembelajaran adalah suatu cara dalam memanfaatkan alat pembelajaran dalam proses belajar mengajar agar dapat membangkitkan motivasi dan ransangan kegiatan belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Reseacrh and Development). Tujuan Penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan anak usia dini terhadap Lift The Flap Book sebagai media pembelajaran mengenal huruf, mengukur tingkat validitas Lift The Flap Book, mengukur tingkat kelayakan Lift The Flap Book. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D (define, design, development, disseminate). Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Jekka Sinjai Selatan Kab.Sinjai. Subjek dari penelitian ini adalah 2 orang validator yaitu validator isi dan ahli media, peserta didik TK Negeri Jekka yang berjumlah 10 orang, dan 4 guru TK Negeri Jekka. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi isi dan materi, dan angket respon guru. Hasil validasi isi/materi berada pada kualifikasi baik dan hasil validasi media pada kualifikasi baik pula. Uji coba kelayakan dilakukan terhadap dua sasaran pengguna, yaitu respon guru pengampuh mata pelajaran dan tanggapan guru (kepala sekolah) berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa produk Lift The Flap Book valid dan layak digunakan dalam pembelajaran mengenal huruf.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:06
Last Modified: 22 Jan 2024 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35052

Actions (login required)

View Item View Item