Pengembangan Pedoman BKP Magang Mandiri Mendukung MBKM Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Sri Wahyuni (2024) Pengembangan Pedoman BKP Magang Mandiri Mendukung MBKM Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
2323-Article Text-10012-1-10-20231225.pdf

Download (248kB)

Abstract

Sri Wahyuni, 2023, Pengembangan Pedoman BKP Magang Mandiri Mendukung MBKM Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Farida Febriati dan Abdul Hakim). Magang Mandiri merupakan salahsatu BKP MBKM, namun setiap prodi belum menyusun secara spesifik sesuai karakteristik prodinya. Dengan demikian, dibutuhkan satu pedoman BKP Magang Mandiri yang sesuai dengan karakteristik prodi termasuk Teknologi Pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis tingkat kebutuhan pedoman BKP magang mandiri mendukung MBKM 2) mendesain pedoman BKP magang mandiri mendukung MBKM 3) mengukur validitas dan kelayakan pedoman BKP magang mandiri mendukung MBKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Penelitian dilakukan di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Subjek penelitian ini yaitu 2 orang validator ahli materi dan ahli media, mahasiswa Teknologi Pendidikan berjumlah 10 orang menggunakan metode purposive sampling, dan 1 orang dosen ketua prodi Teknologi Pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini yaitu: 1) tingkat analisis kebutuhan produk pedoman magang berada pada kualifikasi dibutuhkan, 2) hasil validasi oleh ahli materi dan media berada pada kriteria sangat valid, 3) hasil angket tanggapan mahasiswa dan dosen ketua prodi berada pada kategori layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan oleh peneliti memiliki tingkat validitas yang valid serta layak digunakan dalam proses kegiatan magang di prodi teknologi pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:02
Last Modified: 22 Jan 2024 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35051

Actions (login required)

View Item View Item