Peningkatan hasil belajar matematika perkalian bilangan asli dengan hasil kali sampai dengan 100 menggunakan media kelereng bagi siswa tunanetra kelas IV di SLB A YAPTI Makassar

Ananda Sakir (2024) Peningkatan hasil belajar matematika perkalian bilangan asli dengan hasil kali sampai dengan 100 menggunakan media kelereng bagi siswa tunanetra kelas IV di SLB A YAPTI Makassar.

[img] Text
39174-100854-1-PB.pdf

Download (534kB)

Abstract

Ananda Sakir, 2022. Peningkatan hasil belajar matematika perkalian bilangan asli dengan hasil kali sampai dengan 100 menggunakan media kelereng bagi siswa tunanetra kelas IV di SLB A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd dan Dr. Purwaka Hadi, M. Si; Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang hasil belajar matematika perkalian siswa tunanetra. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hasil belajar matematika perkalian bilangan asli dengan hasil kali sampai dengan 100 menggunakan Media Kelereng pada siswa tunanetra Kelas IV di SLB A YAPTI Makassar?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil Belajar perkalian pada siswa tunanetra pada kondisi awal (Baseline 1/A1). 2) Hasil Belajar perkalian pada siswa tunanetra selama diberi intervensi (B). 3) Hasil Belajar perkalian pada siswa tunanetra setelah diberi intervensi (Baseline 2/A2). 4) Hasil Belajar perkalian pada siswa tunanetra melalui penggunaan Media Kelereng berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa tunanetra total blind Kelas IV berinisial NF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single subject research/SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1) Hasil Belajar perkalian subjek NF sebelum diberikan perlakuan rendah. 2) Hasil Belajar perkalian subjek NF selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi. 3) Hasil Belajar perkalian subjek NF setelah dibrikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi, 4) peningkatan Hasil Belajar perkalian subjek NF berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan siswa rendah, meningkat ke kategori sangat tinggi selama diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek NF lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:39
Last Modified: 22 Jan 2024 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35048

Actions (login required)

View Item View Item