Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hija’iyyah Braille Pada Siswa Tunanetra Di SLB-A Yapti Makassar

MUHAMMAD ARFANDI (2024) Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hija’iyyah Braille Pada Siswa Tunanetra Di SLB-A Yapti Makassar.

[img] Text
1621-Article Text-10751-1-10-20230201.pdf

Download (217kB)

Abstract

MUHAMMAD ARFANDI. 2022. Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hija’iyyah Braille Pada Siswa Tunanetra Di SLB-A Yapti Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd dan Dr. H. Syamsuddin, M. Si. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Anak yang berinisial KS berjenis kelamin laki-laki, yaitu seorang peserta didik yang tergolong tunanetra total (Blind ). Dari hasil tes pertama dan kedua, anak telah mampu membaca huruf latin Braille dari segi pengetahuan dan wawasannya dalam menguasai teknik membaca huruf Braille . Namun, pada mata pelajaran pendidikan Agama. Didapatkan bahwa anak belum mampu mengenal seluruh huruf-huruf Hija’iyah . Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan menulis hurufhija’iyyah braille pada siswa tunanetra di SLB-A Yapti Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Kemampuan menulis huruf Hija’iyyah Braille pada siswa tunanetra di SLB-A Yapti Makassar sebelum, sesudah dan peningkatan kemampuan melalui metodedrill . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunanetra kelas III yang berinisial KS. Kesimpulan penelitian ini: Kemampuan menulis huruf Hija’iyyah Braille pada siswa tunanetra kelas III sebelum penerapan metodedrill berada pada kategori tidak mampu. Kemampuan menulis huruf Hija’iyyah Braille pada siswa tunanetra kelas III setelah penerapan metode drill berada pada kategori sangat mampu. Terdapat peningkatan Kemampuan menulis huruf Hija’iyyah Braille melalui penerapan metode drill pada siswa tunanetra kelas III.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:20
Last Modified: 22 Jan 2024 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35047

Actions (login required)

View Item View Item