Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Keaksaraan Usaha Mandiri di PKBM Hasanuddin Institute.

Andi Purnama M (2024) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Keaksaraan Usaha Mandiri di PKBM Hasanuddin Institute.

[img] Text
JURNAL ANDI PURNAMA M.pdf

Download (313kB)

Abstract

Andi Purnama M, 2023. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Keaksaraan Usaha Mandiri di PKBM Hasanuddin Institute. Jurusan Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Rudi Amir, S.Pd, M.Pd dan Dr. Kartini Marzuki, M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Keaksaraan Usaha Mandiri di PKBM Hasanuddin Institute. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 warga belajar keaksaraan usaha mandiri di PKBM Hasanuddin Institute. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest kepada warga belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif, Uji Prasyarat : a) Uji Normalitas Data, b) uji homogenitas, uji hepotesis : a) Uji Paired Sampel t Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil penelitian nilai posttest rata-rata kelas eksperimen adalah 88,45 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35.25. Hasil Analisa data untuk uji paired sampel t test nilai kelas eksperimen menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 22.759 > 1,687, sedangkan nilai kelas kontrol menunjukkan bahwa thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,828 < 1,687. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar warga belajar keaksaraan usaha mandiri di PKBM Hasanuddin Institute. maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis menyatakan bahwa ada perbedaan nilai hasil belajar berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran model Project Based Learning diterapkan. Dengan kata lain thitung > ttabel yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar warga belajar keaksaraan usaha mandiri di PKBM Hasanuddin Institute

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:04
Last Modified: 19 Jan 2024 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35039

Actions (login required)

View Item View Item