Startegi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia DIni Menggunakan Gadget Di Kelurahan Gantarangkeke, Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

KARTINA (2024) Startegi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia DIni Menggunakan Gadget Di Kelurahan Gantarangkeke, Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Kartina.pdf

Download (295kB)

Abstract

KARTINA. 2023. Startegi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia DIni Menggunakan Gadget Di Kelurahan Gantarangkeke, Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (di dibimbing oleh M. Ali Latif Amri dan Suardi). Penelitian ini mengkaji tentang strategi orang tua dalam mendampingi anak usia dini menggunakan gadget di Kelurahan Gantarangkeke Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Subjek dalam penelitian ini 5 orang yaitu orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Gantarangkeke. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Dimana menggunakan kata-kata yang disusun dalam sebuah teks yang diperluas atau dideskripsikan. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian dengan cara observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ada 4 (empat) strategi dalam mendampingi anak menggunakan gadget yaitu pertama, memilih aplikasi sesuai dengan usia anak. Kedua, batasan waktu bermain gadget dengan cara membiasakan anak disiplin waktu dalam menggunakan gadget dengan waktu yang dibatasi oleh para orang tua. Ketiga, pengawasan dan bimbingan orang tua, yang dimana aktivitas anak menjadi terkontrol karena adanya bimbingan dan pengawasan dari orang tua. Keempat, hindarkan kecanduan dengan cara ketika anak berada dirumah orang tua memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan kegiatan apa yang saja yang telah dilakukan, mendampingi atau mengawasi anak ketika bermain

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:53
Last Modified: 19 Jan 2024 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35036

Actions (login required)

View Item View Item