Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Ketua Lembaga PKBM terhadap Kinerja Tutor di PKBM Nadya Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.

ANDI ANUGRAH DEWI SARI (2024) Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Ketua Lembaga PKBM terhadap Kinerja Tutor di PKBM Nadya Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI ANDI ANUGRAH DEWI SARI.pdf

Download (217kB)

Abstract

ANDI ANUGRAH DEWI SARI, 2023. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Ketua Lembaga PKBM terhadap Kinerja Tutor di PKBM Nadya Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Kartini Marzuki dan Fatmawati Gaffar) Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Perilaku Kepemimpinan Ketua Lembaga PKBM, Kinerja Tutor dan Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Ketua lembaga PKBM terhadap Kinerja Tutor di PKBM Nadya Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perilaku kepemimpinan, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kinerja tutor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tutor di PKBM Nadya Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 32 orang. Pada penelitian ini tidak menggunakan penarikan sampel karena merupakan penelitian populasi sehingga menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1)Perilaku kepemimpinan ketua lembaga PKBM Nadya berada pada kategori cukup baik, yang berarti bahwa perilaku kepemimpinan ketua lembaga PKBM masih perlu ditingkatkan lagi agar dapat lebih maksimal dengan mengikuti pelatihan-pelatihan tentang kepemimpinan dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan proses peningkatan kepemimpinan. (2) Kinerja tutor di PKBM Nadya berada pada kategori cukup baik, yang berarti bahwa kinerja para tutor di PKBM Nadya masih perlu ditingkatkan lagi agar lebih baik dalam memberikan kemajuan proses belajar mengajar, proses pelayanan dan lain sebagainya yang ada di PKBM Nadya. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan atau nyata antara perilaku kepemimpinan ketua lembaga PKBM terhadap kinerja tutor di PKBM Nadya Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku kepemimpinan ketua PKBM akan sejalan dengan kinerja tutor, apabila cukup baik ketua PKBM dalam menjalankan kepemimpinannya maka akan cukup baik pula kinerja para tutor, maka ketua PKBM harus lebih meningkatkan lagi kepemimpinannya agar kinerja para tutor dapat lebih maksimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:30
Last Modified: 19 Jan 2024 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35035

Actions (login required)

View Item View Item