Strategi Pengelola TPA Nurussalam Dalam Meningkatkan Minat Baca Al Qur’an Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar,

AMALUDIN (2024) Strategi Pengelola TPA Nurussalam Dalam Meningkatkan Minat Baca Al Qur’an Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar,.

[img] Text
junal Amaludin simal.docx.pdf

Download (227kB)

Abstract

AMALUDIN, 2023, Strategi Pengelola TPA Nurussalam Dalam Meningkatkan Minat Baca Al Qur’an Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, (Dibimbing oleh Syamsul Bachri Gaffar dan Muhammad Asri). Penelitian ini mengkaji tentang Strategi pengelola TPA Nurussalam Dalam Meningkatkan Minat Baca Al Quran di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiman strategi pengelola dalam meningkatkan minat baca pada santri TPA Nurussalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang terdiri dari 1 ketua pengelola dan 2 guru. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi langkah. Berdasarkan Hasil penelitian setelah dianalisis maka dapat disimpulkan dari Strategi dalam meningkatkan minat baca pada anak yang dilakukan oleh Pengelola TPA Nurussalam melalui empat tahapan, yaitu: Perencanaan, mengiidentifikasi kebutuhan belajar peserta didiK dengan cara mengelompokkan anak berdasarkan umur, kemampuan memahami huruf hijaiyah, karakter dan sikap, penyusunan RPP, silabus. Pengorganisasian, yaitu strategi pembelajaran dilakukan dengan mengelompokkan peserta didik berdasarkan umur dan kemampuan anak membaca Al-Qur’an melalui metode iqra yang dibagi menjadi dua tahap kelompok paling bawah iqra 1-3, sedangkan kelompok sedang yaitu iqro 4-6, dan kelompok paling atas yaitu (Al-Qur’an) dan metode Ummi adalah kelompok yang paling tinggi. Pengarahan, dilakukan dengan cara pendidik memotivasi anak melalui pembimbingan metode pembiasaan yaitu kegiatan membaca secara berulang ulang. Pengawasan, dilakukan untuk mengetahui kemampuan anak didik diakhir semester melalui tes tertulis dan hafalan, pemberian tugas rumah (PR), serta memberikan motivasi kepada anak yang belum lulus. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa Strategi yang dilakukan oleh TPA Nurussalam sangat dirasakan oleh peserta didik dan sangat membantu mereka membaca Al Quran sebaik mungkin, baik itu dalam penyebutan huruf hijaiyah, penghafalan dan serta motivasinya dalam belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:17
Last Modified: 19 Jan 2024 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35033

Actions (login required)

View Item View Item