Pemberdayaan Masyarakat Melalui Keterampilan Membuat Anyaman Bosara Dari Daun Lontar Di PKBM Arham Dusun Manrumpa Desa Turatea Timur Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

Putri Handayani (2024) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Keterampilan Membuat Anyaman Bosara Dari Daun Lontar Di PKBM Arham Dusun Manrumpa Desa Turatea Timur Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
JURNAL PUTRI HADAYANI.pdf

Download (162kB)

Abstract

Putri Handayani, 2022. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Keterampilan Membuat Anyaman Bosara Dari Daun Lontar Di PKBM Arham Dusun Manrumpa Desa Turatea Timur Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dosen Pembimbing Penelitian ini adalah Dr. Hj. Kartini Marzuki, M.Si dan Nasrah Natsir, S.Pd., M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Keterampilan Membuat Anyaman Bosara Dari Daun Lontar Di PKBM Arham Dusun Manrumpa Desa Turatea Timur Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Fokus maslah penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahapan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Keterampilan Membuat Anyaman Bosara Dari Daun Lontar Di PKBM Arham Dusun Manrumpa Desa Turatea Timur Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. (2) Faktor Apakah Yang Menjadi Pendukung dan penghambat Pemberdayaan Masyarakat Melalui Keterampilan membuat Anyaman Bosara Dari Daun Lontar di PKBM ARHAM Dusun Manrumpa, Desa Turatea Timur, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahu Tahapan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Keterampilan Membuat Anyaman Bosara Dari Daun Lontar Di PKBM Arham Dusun Manrumpa Desa Turatea Timur Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto (2) Untuk Memahami Faktor Pendukung dan penghambat dari Pemberdayaan Masyarakat Melalui Keterampilan membuat Anyaman Bosara Dari Daun Lontar di PKBM ARHAM Dusun Manrumpa, Desa Turatea Timur, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tahapan Pemberdayaan masyarakat terdiri dari; a. tahap penyadaran,yaitu menyadarkan masyarakat dan warga belajar akan pentingnya keterampilan dimiliki dalam kehidupan. b. tahap pengkapasitasan, yaitu memampukan masyarakat yang kurang mampu agar memiliki keterampilan, dan c. tahap pendayaan, yaitu masyarakat dan warga belajar menjadi berdaya dengan bekal memiliki keterampilan membuat anyaman bosara dan kemudian di pasarkan. (2) Faktor pendukung dalam pemberdayaan masyarakat adalah adanya respon yang positif dan dukungan dari masyarakat dan pemerintah. Dan Faktor penghambat pemberdayaan masyarakat adalah, sulitnya mendapatkan tukang panjat pohon lontar, dan lambatnya pencairan dana.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:13
Last Modified: 19 Jan 2024 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35032

Actions (login required)

View Item View Item