Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V UPT SDN 23 Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

Nurhijrawati (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V UPT SDN 23 Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (614kB)

Abstract

Nurhijrawati, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V UPT SDN 23 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Ahmad Syawaluddin). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran PBL dalam mata pelajaran IPA pada peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif atau Qualitative Research. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA pada peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Setting dari penelitian ini adalah peserta didik, penelitian ini menggunakan dua siklus yang pertama siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar observasi guru dan peserta didik, dokumentasi dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran IPA peserta didik pada siklus I berada pada kategori Cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V UPT SDN 23 Tamalatea Kabupaten Jeneponto

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:07
Last Modified: 19 Jan 2024 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35030

Actions (login required)

View Item View Item