Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI SD Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Elsa Nabila (2024) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI SD Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

[img] Text
JURNAL_ELSA NABILA.pdf

Download (595kB)

Abstract

Elsa Nabila, 2023, Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI SD Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Muh. Faisal,dan Lutfi B.). Penelitian ini menelaah disiplin belajar dan kemandirian belajar siswa kelas VI. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah (1) bagaimana gambaran disiplin belajar kelas VI SD Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar (2) bagaimana gambaran kemandirian belajar siswa kelas VI S Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar(3) apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VI SD Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran disiplin belajar siswa kelas VI, untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa kelas VI, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VI SD Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. QA penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah causal comparative research. Variabel penelitian ini terdiri atas dua yaitu variabel disiplin belajar dan variabel kemandirian belajar siswa kelas VI. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Kartika IX-2 Armed sebanyak 26 siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Disiplin belajar siswa kelas VI SD Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar berada dalam kategori baik. 2)Kemandirian belajar siswa kelas VI SD Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar berada dalam kategori baik. 3)Terdapat pengaruh antara disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas VI SD Kartika IX-2 Armed Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:03
Last Modified: 19 Jan 2024 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35028

Actions (login required)

View Item View Item